Mengenal Alat Medis Untuk Penanganan Bayi Prematur Di Rumah Sakit

Mungkin anda yang sedang menantikan kelahiran buah hatinya menginginkan agar bayinya selalu sehat dan bisa terlahir dengan normal. Sebagian orang di Rumah Sakit ada yang mengalami kelahiran prematur, meski tidak terlalu menjadi soal, namun terkadang kondisi bayi yang terlahir prematur sangat rentan dengan cuaca dan kondisi diluar sehingga perlu dilakukan penanganan yang intnesif.

Terlebih lagi apabila kondisi kesehatannya belum sempurna. Kasih sayang ibunya dan perawatan alat – alat medis di Rumah Sakit sebisa mungkin dilakukan untuk mempertahankan kehidupannya.

Mengenal alat kesehatan untuk bayi prematur

Oleh karena kelahiran permatur belum bisa diprediksi, jadi pihak rumah sakit harusnya menyiapkan berbagai macam alat medis untuk penanganan bayi prematur seperti yang akan kita sebutkan beberapa jenisnya berikut ini.

1# – Inkubator Bayi

Alat ini mutlah ada di Rumah Sakit yang memiliki unit kelahiran bayi. Inkubator bayi berfungsi untuk merawat bayi – bayi yang terlahir dalam keadaan prematur namun memiliki kondisi kesehatan yang perlu dipantau secara intensif. Dengan alat Inkubator Bayi tersebut, kondisi fisik dan kesehatan si bayi dapat dipantau, suhu ruangan dan kelembaban bisa diatur sesuai dengan kemampuan tubuhnya. Harga inkubator bayi cukup berfariasi tergantung dari spesifikasi dan fiturnya. Rumah Sakit hendaknya menyiapkan Inkubator dengan fitur yang lengkap untuk mengatasi berbagai kondisi.

2# – Infant Warmer

Berbeda dengan inkubator bayi, Infant Warmer adalah alat medis yang berfungsi sebagai penghangat bayi yang baru lahir dengan gejala hipotermia atau kedinginan dengan udara diluar. Kondisi tubuh yang tidak stabil ini diatasi dengan meletakan atau terapi dengan alat yang disebut dengan infant warmer atau penghangat bayi. Setelah kondisinya normal si bayi bisa dipindahkan ke ruang rawat beserta ibunya untuk mendapatkan asi eksklusif.

3# – Lampu Fototerapi

Lampu fototerapi digunakan ketika bayi mengalami ikterus, apa itu ikterus ? Yaitu sebuah kondisi dimana kulit bayi berubah menjadi kuning. Hal ini disebabkan karena adanya kelebihan kadar bilirubin dalam darah. Penyakit ini kebanyakan terjadi pada bayi prematur, karena organ liver yang berfungsi  untuk menghasilkan enzim yang memecah bilirubin belum sempurna.

Bagi anda yang memiliki rumah sakit bersalin, apabila anda membutuhkan informasi mengenai berbagai macam alat – alat kesehatan untuk perawatan bayi prematur. Bisa kunjungi website distributor alat kesehatan resmi seperti Glorya Medica untuk menanyakan produk dan harga alat – alat tersebut.

Leave a Comment